PROGRAM KEAHLIAN BARU AKOMODASI PERHOTELAN

Setiap peserta didik yang menyelesaikan pendidikan dan pelatihan bidang Akomodasi Perhotelan diharapkan telah memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang memadai sehingga kompeten untuk :

  1. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Receptionist, Reservation Staff, Telephone Operator, dan Porter;
  2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai  Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen and Uniform Attendant serta Laundry Attendant

AKOMODASI PERHOTELAN ( MOU dengan SMK N 3 DPS)
 
Tujuan Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Receptionist, reservation staff, Telephone    Operator, dan Porter.
  2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen and Uniform Attendant, serta Laundry Attendant.

Fasilitas

Fasilitas yang harus tersedia dalam Kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan adalah Hotel Praktek sebagai Hotel Training, Ruangan Belajar yang mengacu kepada Teaching factory, Mini Hotel yang merepresentasikan kamar hotel secara real sebagai upaya pengembangan kompetensi siswa.

Fasilitas yang rencananya akan dilengkapi yaitu Ruang Praktek Hotel (Mini Hotel) yang terdiri dari

  • Front Office
  • Laundry
  • Lab Making Bed (kamar dengan single atau double bed)
  • Toilet

Lapangan Pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan Kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan antara lain :

  • Room Attendant
  • Bellboy / Porter
  • Receptionist
  • Telephone Operator
  • Reservation Staff
  • Public Area Attendant
  • Laundry Attendant
  • Usaha Pelayanan Cleaning Service
  • Usaha Pelayanan Laundry